Pokemon GO VS Crash Royale, Mana Yang Lebih Populer?

Seiring dengan semakin berkembannya teknologi, game juga mengalami perubahan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Jika pada beberapa tahun lalu platform mobile gaming masih dianggap sebagai sebuah platform kelas bawah, namun saat ini hal tersebut sudah tidak lagi sama. Sekarang permainan mobile semakin merajalela, bahkan sebagian besar developer game semakin berlomba lomba untuk menguasai pasar game kelas mobile ini. Memang tidak dapat diragukan lagi bahwa beberapa tahun terakhir industry mobile gaming tengah mengalami peningkatan, hal itu juga diikuti dengan semakin menurunnya minat masyarakat terhadap platform lain. Permainan mobile memang memiliki daya Tarik tersendiri selain karena sebagian besar dari permainan tersebut tidak menyita waktu, kita juga dapat bermain kapanpun dan dimanapun hanya dengan menggunakan smartphone. Bahkan sebagian besar pendapatan Google Play adalah dari games.

Pokemon GO VS Crash Royale, Mana Yang Lebih Populer?

Pada tahun 2016 ada dua raja game yang sempat menjuarai play store selama beberapa saat. Dua game tersebut adalah Clash Royale dan Pokemon GO. Anda tentunya sudah mengetahui pokemon GO, yaitu permainan berbasis AR yang sempat booming dengan fantastis pada pertengahan tahun lalu. Nama Clash Royale mungkin terdengar asing bagi Anda yang kurang mengenal dunia mobile game, namun permainan Clash Royale ini merupakan salah satu permainan paling popular sekaligus memiliki revenue yang cukup tinggi. Kedua permainan tersebut memang memiliki kelebihannya masing masing, namun sepertinya menarik untuk melihat permainan mana yang lebih popular.

Clash Royale

Dirilis pada bulan maret 2016, permainan ini adalah penerus dari game popular Clash of Clans besutan Supercell. Hanya sesaat setelah dirilis, Clash Royale mampu menggaet jutaan pemain dari seluruh bagian dunia. Tentu saja hal tersebut terlepas dari kesuksesan Clash of Clans, Clash Royale mampu melihat dimana letak antusiasme masyarakat dalam dunia mobile gaming. Yaitu di fitur PVP dimana menjadi fitur utama dalam permainan ini. Berbeda dengan kebanyakan permainan lain, di Clash Royale Anda harus sering bertarung melawan player lain untuk melakukan progress di dalam Game.

Pokemon GO VS Crash Royale, Mana Yang Lebih Populer?

Fitur freemium,  fitur dimana semua player dapat mendapatkan item yang sama juga menjadi daya Tarik tersendiri karena player sebenarnya tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk dapat menjadi kuat, namun kentalnya atmosfir kompetisi mampu memancing para pemain untuk berinvestasi di dalam game ini, menjadikannya salah satu game paling popular pada 2016 hingga sekarang.

Pokemon GO

Berbeda dengan Clash Royale, Pokemon GO merupakan salah satu fenomena dunia dimana pada bulan Juli lali, tanggal dimana Pokemon GO resmi dirilis permainan ini langsung menjadi juara di dunia mobile gaming. Hal ini terjadi karena permainan ini menawarkan fitur baru yang sangat jarang ada sebelumnya yaitu AR atau Augmented Reality dimana player harus bergerak dan berjalan jalan secara nyata untuk dapat menikmati permainan. AR yang digabungkan dengan Pokemon mampu menjadikan permainan ini sebagai salah satu aplikasi pencatat sejarah dalam dunia game.

Pokemon GO VS Crash Royale, Mana Yang Lebih Populer?

Kesimpulan

Kedua game tersebut memang merupakan game yang sangat fenomenal. Clash Royale merupakan permainan inovatif yang mampu menyihir pemainnya untuk terus memainkan game tersebut karena adanya kesan kompetitif yang menantang. Sedangkan Pokemon GO lebih kepada suatu fenomena booming yang muncul dari rasa penasaran pemainnya. Saat ini tingkat kepopuleran sepertinya masih dipegang Pokemon GO namun jumlah pengguna yang aktif dipegang oleh Clash Royale.

Sumber gambar : androidauthority

2 Komentar untuk "Pokemon GO VS Crash Royale, Mana Yang Lebih Populer?"

  1. I guess your post will be helping a lot of people with their dining problems haha. Thank you for writing these tips. Best of luck.

    BalasHapus
  2. Saya benar-benar akan berterima kasih kepada Allah atas kebaikan yang Anda lakukan dengan membantu saya dan hari ini saya mendapat pinjaman Rp120.000.000,00 untuk menyelesaikan masalah saya.
    Saya menerima telepon di ponsel saya pagi ini dari Bank CIMB yang menyatakan bahwa saya berhasil mendapatkan pinjaman di akun saya.
    Saya berterima kasih kepada nyonya Debora karena saya tetap mempercayai Anda dan atas karunia Allah, saya telah menerima pinjaman saya dengan sukses.
    Terima kasih banyak.
    Saya juga akan memberi tahu Anda teman-teman dan orang-orang terkasih yang membutuhkan pinjaman. Terima kasih banyak Nyonya Deborah, saya berdoa semoga Allah menyertai Anda.
    Hubungi Ibu Deborah melalui
    email: avantloanson@gmail.com
    WhatsApp: +6281334785906

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel