Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Memaksimalkan Pengguna Data Internet Kamu

Baik memakai Wi-Fi maupun paket internet, penggunaan data internet yang berlebihan bisa mempengaruhi kinerja smartphone. Akan ada saatnya smartphone akan menampilkan notifikasi terkait penggunaan data yang berlebih. Bagaimana cara mencegah hal itu terjadi? Berikut Nona bagi 5 tips menggunakan data internet yang optimal.

1. Chrome Data Saver
Google Chrome memiliki fitur data saver  yang mana akan membantu smartphone Nona menghemat penggunaan data internet. Cukup dua detik untuk diaktifkan, maka Chrome akan mengurangi ukuran gambar dan meminimalisir tampilan website di smartphone.

Cara mengaktifkannya cukup dengan membuka opsi Setting > Data Saver. Geser tombol ke arah posisi On. Pengguna bisa memantau penggunaan data yang ditampilkan dengan chart untuk total penggunaan yang sudah dihemat.

Chrome Data Saver, gambar, data save, simpan data internet

2. Mengurangi kualitas konten saat streaming
Netflix, Google Play Music, Snapchat dan YouTube masing-masing menawarkan pilihan untuk mengurangi penggunaan data internet. Jika Nona tidak begitu menginginkan kualitas video atau audio yang istimewa, mengaktifkan setting kualitas streaming ke pilihan yang paling rendah adalah langkah yang baik. Travel Mode pada Snapchat memang tidak mengubah kualitas tampilan postingan, tapi dengan mengaktifkannya, Snapchat tidak akan melakukan pre-load di bar stories dan konten lain didalam aplikasi.

Pilihan untuk menonaktifkan pre-load konten atau memperkecil kualitas streaming tidak terbatas hanya di tiga aplikasi diatas saja. Pastikan bahwa semua opsi setting media sosial di smartphone seperti Twitter, Facebook dan Instagram memiliki setting yang sama seperti diatas.

maksimalkan data internet kamu dengan tips ini

 3. Membuang aplikasi Facebook
Berbicara soal Facebook, tidak luput dari aplikasi standalone nya. Bagi yang masih menggunakan aplikasi Facebook, Nona sarankan untuk meng-uninstall atau menghapusnya. Lebih baik gunakan Facebook lewat browser mobile atau Chrome untuk mengurangi data yang digunakan, karena aplikasinya sendiri banyak sekali menggunakan data internet. Menggunakan Facebook pada browser akan memberikan pengalaman yang sama dengan menggunakan aplikasinya. Notifikasi akan tetap muncul meski aplikasi Facebook tidak berjalan di background.

maksimalkan data internet kamu dengan tips ini

4. Mengelola layanan sinkronisasi
Saat menambahkan akun Google pada smartphone Android, secara otomatis Google akan mulai mengsinkronisasi data yang ditautkan pada akun Google pengguna. Contohnya, Google Keep dan Google Fit yang sama-sama aktif disinkronisasi saat menambah akun Google.
Sinkronisasi ini bisa dibatasi dengan membuka Setting app, buka bar Accounts dan pilih akun Google.

Pada opsi ini, akan terdaftar semua layanan sinkronisasi pada smartphone yang digunakan, dan dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu disinkronisasi, akan menghemat penggunaan data pula.

maksimalkan data internet kamu dengan tips ini

5. Membatasi background data
Pengguna bisa mencegah aplikasi untuk melakukan hal seperti mengecek email atau merefresh timeline social media saat smartphone dikunci.
Fungsi ini bisa dibuka lewat Setting > Data Usage > tap di bagian tombol menu > Restrict background data > OK.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kebanyakan aplikasi akan menggunakan data saat smartphone dipakai dan saat smartphone terkoneksi dengan Wi-Fi saja.

Panel pengaturan Data Usage adalah manu dimana pengguna bisa mengatur siklus billing dan menyiagakan saat mobile data mencapai penggunaan yang berlebih. Lewat menu ini pula pengguna bisa memantau pemakaian data setiap aplikasi yang ada di smartphone.

maksimalkan data internet kamu dengan tips ini
img source : www.cnet.com