Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Setting Android yang Harus Diubah Untuk Pemilik Baru

Punya smartphone Android baru? Ciee.. jangan keburu dipakai dulu ya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum sepenuhnya memakai smartphone Android baru kamu. Coba lihat di tab setting/pengaturan, ada banyak pilihan kategori dan sub-kategorinya yang terkadang membuat pengguna Android pemula kebingungan. 

Apakah semua setting pabrikan ini ideal buat penggunaan smartphone kamu? Apakah smartphone yang baru keluar dari box nya ini benar-benar sudah di setting sesuai dengan performa optimal, produktivitas dan daya tahan baterai?

Bisa iya, bisa tidak. Pilihan setting ada di tangan kamu, akan tetapi Nona akan bagi-bagi tips untuk membuat smartphone kamu berjalan sesuai produktifitas optimal. 

1. Turunkan cerah layar.
Simpel saja: semakin cerah layar smartphone kamu, semakin banyak mengkonsumsi tenaga baterai. Karena itu, kamu harus menurunkan tingkat kecerahan layar di pengaturan display. Jangan tanggung-tanggung, turunkan setidaknya hingga 50% atau lebih.
Dengan melakukan setting diatas, daya tahan baterai akan lebih hemat dikonsumsi meski memang perbedaannya tidak jelas terlihat.
Untuk menyesuaikan tingkat kecerahan, tinggal geser kebawah untuk mencari setting display, disana akan terdapat pengaturan kecerahan yang cukup digeser secara horizontal. Matikan juga tombol auto-brightness karena auto-brightness akan menambah tingkat kecerahan tanpa ada warning.

android-brightness-slider.jpg, android, setting terbaru


2. Jangan gunakan layar putih (whiteness)
Apakah smartphone barumu memiliki layar AMOLED? (Kebanyakan model Samsung punya). Jika iya, ada cara lain untuk menghemat daya baterai: Pilih wallpaper hitam. Karena pixel berwarna hitam tidak perlu diterangi, berhubung wallpaper mengambil seluruh pixel layar smartphone kamu, pixel berwarna hitam akan menjadi solusi menghemat daya yang besar.
Lokasi wallpaper untuk setiap model smartphone memang berbeda-beda tergantung merknya bahkan versi Androidnya. Akan tetapi, di kebanyakan smartphone, kamu bisa men-tap tahan area home screen yang kosong, lalu pilih Wallpaper dari menu yang terlihat.
Jika kamu tidak menemukan hitam dasar (atau pilihan “no wallpaper” yang mana membuat seluruh layar menghitam) di pilihan yang tersedia, cukup ambil Pure Black Wallpaper dari Android Central. Gunakan wallpaper tersebut untuk wallpaper lock-screen dan home screen.

3. Me-nonaktifkan shortcut untuk apps baru.
Untuk android baru, menambah aplikasi sudah pasti menjadi hal yang wajib nomer satu, akan tetapi kamu harus siap jika nanti home-screen kamu akan penuh dengan shortcut aplikasi yang baru saja kamu install.
Untungnya, ada cara yang sederhana untuk mengatasi masalah ini: Buka Google Play, lalu tap Menu > Setting. Hapus checkbox disamping bar option Add Icon to Home screen.
Voila! Aplikasi yang baru kamu install tidak akan muncul lagi di home screen. Tentu kamu masih bisa menambah shortcut aplikasi yang kamu inginkan ke home screen lewat pilihan Apps screens.

 android, setting terbaru


> 4. Aktifkan pilihan jadwal “Do not disturb” atau “jangan ganggu” 
Jika smartphone Android kamu ditaruh didekatmu ketika tidur, kamu pasti tidak ingin smartphonemu untuk berbunyi atau bergetar karena pesan masuk, group chat yang menumpuk atau notifikasi tidak penting lainnya.
Solusi dari masalah ini adalah Android yang menawarkan opsi “Do not disturb” yang akan membuat smartphone kamu tidak akan berbunyi dan bergetar di waktu yang sudah ditentukan. 
Untuk beberapa model smartphone, nama opsi ini berbeda-beda. Di Galaxy S6, nama opsi ini adalah “scheduled” do not disturb. Sedangkan di OnePlus One, fitur ini disebut “Quiet hours”. Cara mengaktifkannya: Buka menu Setting > Sounds (atau Sounds and notifications), lalu cari opsi do not disturb atau opsi yang mirip. Menggunakan fitur ini artinya smartphone kamu akan di setting untuk diam selama jam yang diinginkan (biasanya saat tidur) agar tidak ada gangguan dari notifikasi yang masuk.

 android, setting terbaru
img source: www.cnet.com