Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Google Goggles: Aplikasi yang Bisa Membuat Kamera Kamu Menjadi Super Canggih

Kamera adalah salah satu alat dimana kita bisa mengabadikan momen-momen hidup yang pastinya suatu saat akan kita kenang. Pada zaman sekarang kamera adalah hal yang wajib ada pada smartphone. Terdapat begitu banyak handphone dengan kualitas serta fasilitas yang bagus, namun tidak sedikit pula hadphone dengan kualitas bagus namun fasilitasnya kurang memadai atau sebaliknya, hal ini berlaku juga pada smartphone, karena belum tentu smartphone yang bagus memiliki kamera yang bagus pula.

Nah disini Nona akan memberikan tips dan trik agar kamera smartphone kalian menjadi lebih canggih bahkan hanya dengan sebuah kamera kalian bisa melakukan sesuatu selain hanya mengabadikan sebuah momen hidup. Aplikasi yang akan Nona ulas kali ini adalah Google Goggles. Aplikasi Google Goggles ini merupakan aplikasi yang akan membuat kamera kalian lebih canggih dibandingkan kamera smartphone lainnya. 

Ada banyak sekali kegunaan dari Google Goggles disini, dan pada kesempatan kali ini Nona akan mengulas beberapa fitur kerennya yang akan membuat kamera kamu menjadi kamera canggih, yang tidak hanya memiliki resolusi tinggi, namun juga memiliki fungsi yang lain dari yang lain. Fitur dari Google Goggles itu sendiri adalah sebagai berikut:

Memberikan informasi gambar yang telah difoto

Terkadang kalian ingin memiliki buku namun kalian tidak tahu buku itu tersedia dimana, dijual dimana atau memesan dimana jika bisa. Atau kalian ingin mencari resep sebuah makanan yang kalian lihat di sebuah toko atau pusat perbelanjaan. Nah, scanner disini maksud mimin kalian bisa menemukan produk sebuah barang yang kalian inginkan hanya dengan tanggkapan kamera kalian.

GG Book


Tangkapan layar kalian akan menjadi seperti gambar diatas ini. Cara untuk kalian bisa mengetahui tentang pencarian terkait kalain tinggal klik bagian bawah seperti “book” atau “text” pada gambar. Kalian akan diteruskan sesuai dengan gambar yang kaian tanggkap atau sesuai dengan pencarian yang paling mendekati.

Menerjemahkan Bahasa Asing


GG Translate

Google Goggles juga bisa menerjemahkan bahasa asing, hanya dengan tangkapan layar kalian bisa menerjemahkan bahasa asing yang mungkin kalian ingin ketahui arti dari bahasanya. Setelah kalian mengambil tangkapan kamera seperti gambar kiri lalu kalian klik bagian “text” pada bawah layar, setelah itu tampilan smartphone kalian akan seperti gambar kanan, setelah itu kalian klik “translate” dan Google Goggles akan menerjemahkan kata-kata dari gambar yang berhasil kalian tangkap.
        
Barcode Scanner dan QR Code Scanner






Barcode dan QR code adalah kumpulan kode dalam bentuk garis-garis dan gambar yang mana setiap gambar memiliki ketebalan yang berbeda tergantung informasi yang dibawanya. Dengan menggunakan aplikasi Goggles, kamu tidak lagi memerlukan barcode scanner, karena aplikasi kamera Android yang canggih ini bisa dijadikan sebagai alat pembaca barcode. Selain itu denga kalian bisa melihat informasi awal tentang kode yang terkandung dalam QR Code, setelah itu tinggal kalian pilih sendiri pakah masih mau melanjutkan proses atau tidak, sehingga kalian tidak tertipu nantinya.

Mengubah Foto Menjadi Text Document



GG text

Goggles juga bisa mengubah gambar menjadi text document. Sama hanya dengan menerjemahkan hasil gambar yang kita tangkap dengan mengambil fotonya lalu klik “text” pada bagian bawah namun bedanya disini kalian klik copy lalu paste pada aplikasi word document untuk android seperti WPS Office.

Memecahkan Teka-Teki Sudoku 


GG Sudoku

Aplikasi ini juga bisa memecahkan teka teki sebuah game, seperti sudoku. Kalian tahu game yang bersisikan angka 1-9 dan hanya beberapa angka saja yang muncul pada awal permainan dan kita disuruh menebak angka tersebut antara 1-9. Disini Goggles bisa memecahkan teka teki sudoku dengan mudah. Hanya dengan tangkapan layar Goggles bisa memecahkan sebuah teka-teki.
          
Itulah beberapa fitur Goggles yang berhasil Nona ulas, namun sebenarnya masih ada yang hal lain yang bisa kamu lakukan dengan Goggles ini seperti melihat landmark, mencari pencipta sebuah lukisan, mencari alamat dari sebuah kartu nama. Caranya pun hampir sama dengan yang sudah Nona ulas diatas dan sama mudahnya juga. Namun, dari kesemua fitur yang telah Nona coba, Nona rasa masih ada beberapa kekurangan yang Nona berharap kedepan Goggles akan menjadi lebih baik lagi dan bisa menjadi aplikasi yang benar-benar bermanfaat buat kamu semua. Untuk kekurangan yang Nona rasakan adalah sebagai berikut:
  • Kata kunci masih belum lengkap. Seperti buku dari review diatas, terdapat beberapa buku yang masih belum masuk ke dalam aplikasi ini.
  • Tidak bisa menerima informasi foto dari hewan, tanaman, kendaraan, furnitur, dan makanan. Namun masih bisa kalian mendapatkan resep masakan seperti diatas selama yang kalian foto terdapat tulisan tentang masakan apa yang kalain foto. 
Nah itu semua adalah ulasan Nona tentang Google Goggles yang super canggih. Meskipun masih memiliki kekurangan, namun fiturnya bisa dibilang canggih bukan? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jika iya, maka kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut disini

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!