Penelitian Ungkap Email Masih Menjadi Alat Komunikasi Favorit Untuk Berbisnis

Dengan majunya teknologi, banyak sekali hal yang menjadi lebih mudah, jika dulu kita harus berkirim surat atau bertemu secara langsung untuk dapat berkomunikasi, saat ini hanya dengan beberapa ketukan saja kita sudah dapat melakukan pertemuan dengan teman teman kita. Perkembangan teknologi memang membawa efek positif terhadap hampir semua aspek kehidupan, tentu saja aspek bisnis merupakan salah satunya. Saat ini, kerjasama bisnis dapat terjalin walau kedua belah pihak tidak saling bertemu satu sama lain, dengan banyaknya pilihan alternative untuk berkomunikasi sepert social media, messenger, forum, dan lain lain. Banyaknya alternative komunikasi bisnis tersebut menimbulkan rasa penasaran para pakar IT di Spicework. Mereka mencoba mencari tahu preferensi apa yang paling dominan bagi para pebisnis dalam memilih media untuk melakukan kerjasama.

Penelitian Ungkap Email Masih Menjadi Alat Komunikasi Favorit Untuk Berbisnis

Spicework melakukan survey dengan melibatkan kurang lebih 448 responded yang diambil dari berbagai macam perusahaan mulai dari perusahaan swasta hingga negeri. Survery tersebut juga melibatkan beberapa pakar IT dari bisnis rumahan maupun bisnis besar. Hasil dari survey itu menunjukkan bahwa ada beberapa media yang menjadi pilihan para pebisnis tersebut untuk menjalin komunikasi, media tersebut antara lain:

  • Email
  • Skype For Business
  • Google Hangouts
  • Slack
  • Microsoft Teams
  • Atlassian Hipchat

Penelitian Ungkap Email Masih Menjadi Alat Komunikasi Favorit Untuk Berbisnis

Berdasarkan penelitian tersebut terungkap fakta bahwa Email masih merupakan pilihan utama bagi para responden untuk melakukan komunikasi. Sekitar 25% dari responden yakin bahwa aplikasi berbasis chatting akan menggantikan posisi email paling tidak dalam 5 tahun mendatang. Pada dasarnya dibandingkan dengan yang lainnya, email memiliki biaya maintenance yang lebih tinggi, maka tidak heran bahwa beberapa orang beranggapan bahwa aplikasi berbasis chatting akan mampu menggantikan email di masa depan. Jika Anda juga beranggapan yang sama, maka perlu Anda ketahui bahwa teknologi merupakan hal yang terus berkembang, memang benar bahwa email saat ini masih menjadi pilihan pertama bagi para pebisnis namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan adanya inovasi baru yang akan muncul dalam tahun tahun kedepan.

Spicework yakin bahwa lambat laun fungsi email akan tergerus oleh waktu, karena itulah mereka juga ikut yakin bahwa kejayaan email ini tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini juga mengungkap bahwa masing masing alternative komunikasi memiliki kelebihannya masing masing. Contohnya Skype Business yang mengedepankan keamanan, kehandalan dan pengelolaan sebagai kelebihan yang menonjol. Sedangkan Slack masih unggul di sisi tampilan dan kompatibilitas antar platform.

Penelitian Ungkap Email Masih Menjadi Alat Komunikasi Favorit Untuk Berbisnis

Studi ini mampu membuktikan bahwa email merupakan salah satu cara utama yang masih digunakan oleh para pebisnis untuk melakukan komunikasi. Dalam waktu yang sama studi ini juga menunjukkan pentingnya email dalam kehidupan sehari hari khususnya dalam komunikasi bisnis, paling tidak hingga saat ini.

Sumber gambar: marketingland, androidheadlines

Belum ada Komentar untuk "Penelitian Ungkap Email Masih Menjadi Alat Komunikasi Favorit Untuk Berbisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel