Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Langkah Sederhana Menghilangkan Ketagihan Smartphone

Pernahkah Anda merasa bahwa hidup Anda tidak bisa lepas dari smartphone? Bagi beberapa orang smartphone telah seakan akan menjadi salah satu bagian tubuh mereka. Bangun tidur hal yang pertama diperiksa adalah notifikasi dari smartphone, entah itu dari media social ataupun dari permainan. Setiap beberapa jam selalu sempat menyelipkan waktu untuk melihat smartphone, bahkan ketika berjalan jalan keluar bersama teman masih saja tersu melihat smartphone, hal tersebut berarti orang tersebut telah terkena “sindrom” ketagihan smartphone.

Sindrom ini memang sedang menjadi salah satu epidemic yang terjadi hampir di seluruh belahan dunia. Bahkan rata rata orang dewasa di Inggris menghabiskan kurang lebih 8 jam 41 menit untuk melihat layar digital, lebih lanjut lagi sebagian besar dari waktu yang dihabiskan di depan layar tersebut adalah waktu yang dihabiskan di depan layar computer. Belakangan juga diketahui bahwa jumlah rata rata seseorang melihat layar smartphonenya dalam satu hari dapat mencapai angka 100. 

Langkah Sederhana Menghilangkan Ketagihan Smartphone

Tentu saja kita tidak dapat sepenuhnya menyalahkan smartphone, karena pada dasarnya smartphone tersebut memang akan menjadi semakin canggih seiiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut terjadi karena adanya permintaan pasar terhadap perangkat yang mampu mempermudah kegiatan sehari hari sehingga mereka dapat mengurangi beban kerja yang ada. Perkembangan smartphone yang sangat pesat ini juga membawa dampak buruk bagi penggunanya. Sungguh ironi karena di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju, perkembangan manusia justru semakin turun. Kasus ketagihan smartphone tersebut tentu saja harus segera diatasi dan ditindak lanjuti sebelum menjadi semakin parah.  Berikut adalah langkah sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengurangi ketergantungan Anda terhadap smartphone.

Atur Jadwal

Salah satu hal yang dapat menghambat selesainya suatu pekerjaan adalah karena Anda menyelinginya dengan membuka akun social media atau bermain games. Hal inilah yang pada akhirnya dapat menciptakan ketagihan gadget itu sendiri. Karena itu Anda perlu memiliki kemampuan untuk melakukan pengendalian diri. Misalnya Anda membuat komitmen untuk tidak membuka smartphone sebelum pekerejaan Anda selesai atau setelah membuat item tertentu . Lebih ekstrim lagi Anda dapat pinjamkan smartphone Anda slama dia bekerja dan mengembalikannya ketika sudah usai.

Langkah Sederhana Menghilangkan Ketagihan Smartphone

Matikan Notifikasi Smartphone Kecuali Hal Penting

Salah satu hal yang dapat menghambat kegiatan Anda sehari hari karena adanya notifikasi yang cukup banyak dari facebook. Maka cara sederhana untuk membuat Anda tetap focus pada hal yang Ada kerjakan tanpa perlu melirik ke smartphone adalah dengan mematikan notifiaksinya secara keseluruhan  

Beri Threat serta reward Pada Diri Anda

Dalam proses penyembuhan dengan menggunakan pembiasaan sehari hari, tentu saja dibutuhkan semacam threat  yang dapat Anda tuliskan terlebih dahulu, misalnya jika Anda melihat smartphone Anda maka harus membeli pulsa untuk orang lain. Reward juga dibutuhkan karena ketika Anda berhasil menahan tubuh Anda dari memegang smartpohone maka Anda akan mentraktir tubuh sendiri ke tempat makan.

Langkah Sederhana Menghilangkan Ketagihan Smartphone

Beberapa tips diatas adalah bagaimana cara sederhana untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan ketagihan terhadap smartphone. Memang smartphone adalah suatu perangkat yang mampu menyundang kebutuhan sehari hari namun tetap dibutuhkan moderasi yang baik dalam menggunakannya .

SUMBER GAMBAR:appzoom, androidtidbits,com