Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan Earphone yang Benar agat Tidak Mudah Rusak

Untuk satu paket smartphone, keberadaan earphone memang tidaklah mencolok. Kecil, namun memiliki fungsi yang penting dan salah satu yang paling kamu butuhkan selain charger. Namun sayangnya earphone merupakan yang paling rawan rusak. Hal ini sering juga Nona alami, meski sudah menyimpannya hati-hati, namun rusaknya earphone selalu menjadi yang berada di urutan pertama. 

earphone

Apakah kamu juga demikian?

Jika iya, yuk cari tahu bagaimana cara mencegah earphone mudah rusak yang Nona rangkum dibawah ini:

Simpan Earphone pada Wadah Terpisah

Jika biasanya kamu sembarangan menyimpan earphonemu. Maka, mulai sekarang guna mencegah earphone mudah rusak, simpan earphone pada wadah terpisah. Kamu bisa memanfaatkan wadah tusuk gigi atau benang gigi untuk meletakkan earphonemu.

Jangan lagi mencampur adukkan earphone dengan kabel-kabel yang lain, karena akan rawan putus. Sayang bukan smartphone mu masih prima, namun earphone sudah tidak bisa kamu gunakan lagi

Gulung Kabel Earphone dengan Benar

Senada dengan hal diatas, selain tidak meletakkannya sembarangan, jangan juga membiarkan earphonemu dengan kabel terurai begitu saja. Gunakan bantuan tiga jarimu untuk menggulung kabel earphone, sehingga tidak akan rawan putus maupun lepas dari kepala earphone

Setel Volume Sewajarnya

Mencegah earphone rusak juga harus kamu lakukan dengan tidak menggunakan earphone sesukamu. Kebiasaan memasang volume maksimal akan menyebabkan speaker earphone mu mudah rusah. Sehingga, tidak heran jika kamu terbiasa memasang volume paling keras earphone kamu akan berubah memiliki suara yang tidak jernih lagi

Jangan Menariknya Sembarangan

Mencegah earphone mudah rusak juga harus kamu perhatikan dari kebiasaanmu melepas earphone dari telinga. Jika biasanya kamu menariknya begitu saja, maka mulai sekarang awali dengan melepas kepala earphone, gulung, lalu simpan pada wadah khusus yang kamu sediakan.

Jangan lagi terbiasa menariknya begitu saja, karena rawan merusak komponen penghubung di bagian kepala earphone

Pastikan Telingamu Kering

Mencegah earphone rusak juga harus kamu lakukan dengan menghindarkannya dari air. Usahakan jangan sampai earphone mu kemasukan air. Jadi, jika kamu biasa meletakkan kotak earphonemu pada saku baju, sebelum mencuci coba cek adakah barang yang tertinggal disana.

Atau kamu juga bisa senantiasa mengkondisikan telingamu yang harus benar-benar kering sebelum memasang earphone. Selain untuk menjaga agar earphone mu tidak rusak karena air, langkah tersebut juga berguna untuk mencegah arus pendek pada earphonemu

Bersihkan Secara Rutin

Meski berukuran kecil bukan berarti earphone tidak layak untuk kamu perhatikan. Dengan lubang-lubang kecilnya, earphone harus kamu bersihkan secara rutin agar debu tidak menumpuk dan merusak kualitas suara. Kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk menggosok lubang pada earphone. Lalu sempurnakan dengan menggunakan alcohol. Alhokol berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di earphone kamu

Jangan Menggunakan Earphone Bergantian dengan Orang Lain

Mencegah earphone rusak yang terakhir adalah jangan menggunakannya bergantian dengan orang lain. Hal ini harus kamu lakukan guna mencegah earphone tersebut digunakan dengan cara yang tidak benar oleh orang yang kamu pinjami earphone. Belum tentu bukan dia tahu bagaimana memperlakukan earphone dengan baik?

Selain itu, saling pinjam earphone sama saja dengan memindahkan kuman dan bakteri dari satu telinga ke telinga lainnya. Jangan sampai ya kamu tertular penyakit pendengaran hanya karena kebiasaanmu meminjamkan earphone yang kamu miliki

Itulah beberapa cara mencegah earphone mudah rusak. Mudah bukan?

1 komentar untuk "Cara Menyimpan Earphone yang Benar agat Tidak Mudah Rusak"

  1. Saya benar-benar akan berterima kasih kepada Allah atas kebaikan yang Anda lakukan dengan membantu saya dan hari ini saya mendapat pinjaman Rp120.000.000,00 untuk menyelesaikan masalah saya.
    Saya menerima telepon di ponsel saya pagi ini dari Bank CIMB yang menyatakan bahwa saya berhasil mendapatkan pinjaman di akun saya.
    Saya berterima kasih kepada nyonya Debora karena saya tetap mempercayai Anda dan atas karunia Allah, saya telah menerima pinjaman saya dengan sukses.
    Terima kasih banyak.
    Saya juga akan memberi tahu Anda teman-teman dan orang-orang terkasih yang membutuhkan pinjaman. Terima kasih banyak Nyonya Deborah, saya berdoa semoga Allah menyertai Anda.
    Hubungi Ibu Deborah melalui
    email: avantloanson@gmail.com
    WhatsApp: +6281334785906

    BalasHapus