Setelah Dua Tahun, Akhirnya Bluetooth 5 Dirilis

Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tidak asing dengan istilah Bluetooth. Ya, Bluetooth adalah salah satu standar koneksi nirkabel yang telah ada di mana mana. Jika Anda ingat beberapa tahun lalu Bluetooth adalah sarana utama untuk melakukan pengiriman data antar handphone. Seiring dengan berjalannya waktu, kegunaan Bluetooth semakin berkurang dikarenakan munculnya berbagai aplikasi untuk berbagi data melalui Internet. Namun walau jarang digunakan bukan berarti Bluetooth saat ini telah menjadi standar koneksi yang tidak berguna. Faktanya, masih banyak orang yang menggunakan fitur ini untuk melakukan pengiriman data dalam waktu dekat. Banyaknya perangkat yang mengedepankan Bluetooth dalam cara kerjanya, seperti Apple Watch,  Android Wear serta Bluetooth Headset sacara langsung memberikan penekanan bahwa Bluetooth masih belum mati.

Setelah Dua Tahun, Akhirnya Bluetooth 5 Dirilis

Bluetooth adalah salah satu standar utama yang digunakan untuk menghubungkan dua peralatan elektronik dalam jarak yang dekat. Versi terakhir dari Bluetooth yang terlihat di pasaran adalah versi 4.2 yang dirilis beberapa tahun lalu, lebih tepatnya tahun 2014.  Setelah tidak ada kabar selama hampir lebih dari dua tahun, pada tanggal 8 Desember kemarin Bluetooth Special Interest Group (SIG) mengemukakan bahwa mereka siap merilis versi terbaru untuk standar Bluetooth, yaitu Bluetooth 5.

Setelah Dua Tahun, Akhirnya Bluetooth 5 Dirilis

Sebenarnya rilisnya Bluetooth 5 ini adalah sesuatu yang sudah dapat diprediksikan mengingat 6 bulan lalu SIG telah mengumumkan bahwa dalam waktu dekat mereka akan merilis standar Bluetooth baru yang digadang gadang memiliki kecepatan 2x lebih cepat dan jangkauan hingga 4x lebih luas. Bluetooth 5 telah mengalami perkembangan bandwith hingga 2 Mbps  dan hampir 8 kali lipat kemampuan broadcasting yang lebih luas.  Hal yang menarik adalah fitur ini juga bekerja disaat perangkat sedang dalam mode hemat baterei, tentu saja fitur tersebut sangat berguna untuk produk produk yang harus terus terhubung antara satu sama lain, seperti Apple Watch atau Android Wear .

Setelah Dua Tahun, Akhirnya Bluetooth 5 Dirilis

Standar Bluetooth terbaru ini masih bekerja di dalam frekuens 2.4GHz, Bluetooth 5 juga telah didesain secara khusus untuk mampu menghindari gangguan yang muncul dikarenakan banyaknya perangkat yang bekerja pada frekuensi tersebut. Lebih lanjut lagi, pihak SIG mengatakan bahwa Bluetooth 5 akan tetap kompatibel dengan versi sebelumnya, yaitu 4.2, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan permasalahan yang muncul akibat perbedaan versi karena pihak SIG telah menjamin bahwa tidak aka nada masalah walau kedua perangkat memiliki versi Bluetooth yang berbeda.  Bluetooth 5 ini sendiri dipastikan akan mulai memasuki pasar dalam rentan waktu dua hingga enam bulan. Maka dapat dipastikan bahwa perangkat yang rilis pada pertengahan tahun 2017 ke depan pasti telah menggunakan Bluetooth 5 sebagai standar Bluetoothnya.

Sumber gambar: techradar, gadget.ndtv

Belum ada Komentar untuk "Setelah Dua Tahun, Akhirnya Bluetooth 5 Dirilis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel