Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kiat Sehat Meski Seharian Berada di depan Komputer

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, bekerja di kantor dengan menghadap komputer adalah impian banyak orang. Meskipun ada banya fakta yang menyatakan bahwa rutinitas tersebut sesungguhnya melelahkan dan membosankan, namun karena tuntutan akhirnya tubuh mau tidak mau harus membiasakan diri. Untuk saat ini yang menyandang status sebagai karyawan, duduk seharian di depan monitor merupakan hal yang biasa. Belum lagi bidang pekerjaan lain yang juga menuntut hal sama. Meskipun sudah sering muncul peringatan bahwa terlalu lama menatap layar komputer bisa berdampak negatif pada tubuh, namun lagi-lagi semua harus dibiasakan.

Padahal dampak penyakit yang dihasilkan tak hanya sakit punggung atau sakit leher saja, tapi juga gangguan penglihatan jika sudah terlalu lama membiasakannya. Untuk itu, agar dapat mengatasi gangguan tersebut namun tetap bisa bekerja secara efektif ikuti lima tips dari Nona berikut ini ya:

Menjaga Jarak Pandang dari Monitor Sekitar 30-50 cm dan Menggunakan Meja atau Kursi yang Nyaman 

Sebaiknya jangan terlalu dekat dengan layar komputer karena hal ini tidak baik untuk mata. Apabila kita terlalu sering dekat dengan layar komputer maka dikhawatirkan mata kita akan terkena rabun jauh atau mata minus. Selain itu, usahakan pula untuk memakai meja dan kursi agar posisi duduk kita menjadi nyaman dan tidak lekas lelah.

Alihkan pandangan dari komputer

noleh

Meski kamu harus bekerja terus-menerus di depan komputer, sesekali alihkan pandangan kamu ke sekitar agar mata menjadi lebih rileks. Ketika melihat objek yang jauh, otot mata akan lebih rileks akibat retina lebih mudah fokus pada objek yang dilihat. Paling tidak, lakukan hal ini lima menit untuk setiap jam.

Minum Air Putih

Dengan minum air putih selain membuat kamu terhindar dari risiko sakit punggung dan leher, hal ini juga sangat membantu Anda untuk membuat pikiran Anda menjadi lebih fokus.

Bergeraklah!

Lakukan gerakan-gerakan kecil seperti berdiri di tempat atau melakukan peregangan tubuh dengan cara menarik tangan kanan ke arah kiri lalau tekan tekan bagian siku dengan tangan kiri dan tahan posisi tersebut sampai 10 detik.

Tempatkan posisi tubuh yang tepat

duduk tegak

Tanpa disadari seseorang sering kali menjulurkan leher mereka ke arah depan, sehingga ketidakseimbangan menyebabkan ketegangan pada leher dan tulang belakang. Dr. James Bowman dari Ore Solutions Chiropractic, menjelaskan untuk mengurangi ketegangan otot-otot dengan memposisikan tubuh dengan tegak dan layar komputer harus sedikit lebih tinggi.

Usahakan tak ada sumber cahaya lain yang menyilaukan. Supaya matamu tetap bisa fokus pada cahaya dari gadget

Pencahayaan yang baik memang jadi satu syarat utama dari sebuah ruangan yang sehat. Tapi jika kamu berhadapan dengan layar atau monitor komputer seharian, cahaya langsung matahari justru akan membuat matamu capek. Ia akan membuat pandanganmu ke layar silau dan tidak fokus. Akibatnya, matamu akan bekerja lebih keras.

Jika bisa, pastikan kamu tidak duduk di depan atau di belakang jendela, tapi di sampingnya. Ganti lampu yang terang putih dengan penerangan yang hangat. Atau investasilah untuk melapisi layar peralatan elektronikmu dengan filter antiglare yang mudah didapatkan dimana-mana.

Kalau terlalu perih, pakailah obat tetes mata

Kalau matamu sudah sangat capek dan kering, tetes mata ringan yang banyak dijual di apotek bisa jadi solusinya. Untuk tiap obat tetes mata kamu memang harus hati-hati membaca aturan pakainya. Asalkan tidak dipakai secara berlebihan, pada umumnya semua obat mata mampu meringankan gejala mata letih, kering, dan perih. Jadi selalu siapkan tetes mata di tas untuk membantumu menghadapi hari-hari panjang di depan laptop.

Makan, Minum, dan Mengonsumsi Tambahan Vitamin Secara Teratur

Kadang menjadi kebiasaan kita bahwa apabila telah berada di depan komputer, kita menjadi lupa makan dan minum. Hal ini pada akhirnya dapat menimbulkan sakit pada perut atau sakit maag. Usahakan agar kamu dapat makan secara teratur pada jam istirahat. Selain itu, mengkonsumsi vitamin A juga baik untuk menambah asupan gizi pada mata. Konsumsi pula vitamin B agar menambah daya tahan tubuh kamu.

Tidur Selama 6 sampai 8 jam sehari dan Istirahatkan Mata Minimal 5 Menit Setiap Jam

lelah

Sebagaimana bagian tubuh yang lain, mata juga perlu istirahat. Apabila kita sudah menggunakan mata kita seharian maka sebaiknya mata kita diistirahatkan (tidur) pada waktu malam selama 6 sampai 8 jam. Selain itu, pada saat sedang berada di depan komputer usahakan untuk mengistirahatkan mata kamu minimal 5 menit pada setiap jamnya.

Menyediakan Waktu untuk Berolah Raga Secara Teratur

Sediakan waktu pada pagi hari untuk berolah raga secara teratur supaya badan kita tetap berada dalam kondisi yang fit dan bugar. Tidak perlu berat, lari kecil di tempat atau peregangan ringan bisa memperbaiki kondisi kesehatan kamu kok.

Nah, semoga informasi dari Nona tentang tips agar tetap sehat saat bekerja di depan komputer diatas dapat bermanfaat ya! Salam NonaGadget.com!