Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyebab dan Cara Mengatasi PC Lemot

Pada zaman sekarang ini kebanyakan orang memprioritaskan laptop/komputer yang canggih, baik itu untuk pekerjaan, bermain game, design, pengetikan, dan lain sebagainya. Namun tidak jarang juga laptop atau komputer yang kita gunakan lambat laun performanya menurun alias lemot. Pastinya kalian jengkel bukan ketika kerjaan atau sesuatu yang kita andalkan dapat terselesaikan dengan PC atau gadget yang kita miliki mengalami kendala, apalagi disaat-saat terakhir atau terpenting. 

PClemot

Sebenarnya penyebab PC lemot itu ada banyak ragam penyebabnya, jadi jika kalian ingin membenarkan PC atau laptop kalian ke sebuah teknisi elektronik maka kalian akan disarankan untuk menginstal ulang windows PC. Mungkin untuk sebagian orang yang tidak menggunakan windows orisinil alias asli hal ini memang menguntungkan, namun untuk sebagian orang yang menggunakan PC atau laptop yang memang menggunakan windows orisinil hal ini sungguh tidak menguntungkan, karena windows kita akan menjadi tidak orosinil lagi. 

Nah, jika disetiap terjadi masalah pada PC atau laptop kalian lebih sering diminta untuk install ulang, coba deh kenali beberapa penyebab PC lemot dan cara mengatasinya berikut ini:

Adanya masalah pada hardisk

Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
  • hardisk low space
  • hardisk yang terfragmentasi
  • hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
  • hardisk error / bad sector

Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk diatas adalah:
  • upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
  • lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
  • hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
  • perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

Banyaknya aplikasi yang terinstall

Masalah satu ini memang sering dialami setiap PC, karena setiap aplikasi yang kita install akan mengurangi space dari memory komputer kita dan juga membebani komputer ketika kita menjalankan aplikasi tersebut. Sehingga memilah aplikasi mana yang terpenting dan apa yang paling genting untuk kita unduh adalah hal yang benar untuk dilakukan. Jadi, jangan karena merasa apa yang kamu miliki itu canggih, kamu bisa sembarangan menginstall dan mengunduh setiap apa yang kamu inginkan ya!

Spesifikasi laptop yang memang kurang memadai

Nah salah satu yang membuat performa PC kita menurun adalah karena kita tidak menyadari seberapa besar kemampuan PC kita dalam menerima atau menjalankan program yang kita install. Seperti hanya Pentium 4 dengan RAM 512 diinstall dengan system operasional (OS) windows 7, dijamin laptop akan menjadi lambat, ditambah dengan program aplikasi yang lainnya bisa jadi laptop tidak akan berjalan.

Nah, agar masalah diatas dapat teratasi, kamu bisa menggunakan cara mudah berikut:

Gunakan 1 antivirus yang memang handal

Antivirus memang baik untuk keselamatan data serta kelancaran laptop kita apalagi saat ini hampir semua antivirus dilengkapi dengan fitur guna mempercepat kerja PC. Namun ada beberapa orang yang menginstall antivirus lebih dari satu karena merasa kurang terlindungi dan bertujuan agar segala sesuatunya bisa maksimal. Padahal, hal ini justru yang tidak baik untuk kesehatan PC, karena sering kali antivirus yang kita install saling bentrok satu dengan yang lainnya dan itu bisa dirasakan dengan adanya penurunan performa dan banyak error ketika kita menjalankan ke dua antivirus. Dengan memilih salah satu antivirus yang memang paling baik akan lebih efisien dari segi ruang penyimpanan pada PC

Rutin Bersihkan data

Jika merasa sangat lambat dalam berselancar adalah masalah utama, ada beberapa perubahan mudah yang dapat kamu lakukan. Hapus data penggunaan internet kamu pada History, Cookies, Cache, Download History. Untuk pencegahan lebih lanjut, ada baiknya kamu mencoba beberapa program aplikasi gratis untuk sementara agar dapat menghapus file-file dari semua browser Anda. Atau kamu juga bisa memilih pengaturan dalam browser kamu agar tidak menyimpan history, cache, cookies, dll. kamu juga bisa menggunakan browser yang ringan dan mudah digunakan.

Jika hal diatas terjadi dengan PC atau laptop kamu, coba deh teliti sumber masalahnya. Semoga bisa teratasi dengan cara diatas ya. Selamat mencoba!