Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Aman Membeli Smartphone Bekas

Selain smartphone baru atau keluaran terbaru, ternyata pembelian terhadap smartphone bekas juga banyak diminati loh. Buktinya bisa kamu lihat jika kamu berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan gadget dan elektronik, maupun toko ponsel biasa, maka pemandangan smartphone bekas yang didisplay sedemikian rupa tidak akan asing lagi kamu temui. Hal ini kurang lebihnya bisa menjadi bukti bahwa smartphone bekaspun masih juga diminati oleh pemburu gadget.

tips aman membeli smartphone bekas

Alasan dipilihnya smartphone bekas pun beragam. Mulai dari harganya yang lebih miring, apalagi jika kamu jeli memperhatikan kondisi smartphone dan pintar menawar, maka dipastikan kamu akan mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginanmu beserta smartphone dengan kondisi yang masih sangat prima.

Nah, dalam artikel kali ini Nona hendak membagikan kepada kamu semua tips membeli smartphone bekas. Hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan agar nantinya ketika kamu tertarik untuk membeli smartphone bekas kamu tidak salah langkah, dan kamu tidak akan dirugikan. Yuk simak tips membeli smartphone bekas dari Nona berikut ini:

Kroscek Harga dengan Harga Pasar

Tips membeli smartphone bekas yang pertama harus kamu lakukan adalah kroscek harga smartphone yang kamu inginkan dengan harga di pasaran. Dengan melakukan kroscek harga tersebut kamu akan menjadi tahu harga normal smartphone yang jadi incaranmu. Sehingga ketika kamu hendak menawar harga atau penjual menawarkan harga kamu jadi tahu seberapa standar harga tersebut di pasaran. Hal ini baik kamu lakukan agar kamu tidak tertipu jika kebetulan kamu bertemu dengan oknum penjual nakal. 

Teliti Kondisi Fisik Sebaik Mungkin

Tips membeli smartphone bekas yang kedua adalah teliti kondisi fisik sebaik mungkin. Kondisi fisik ini terkait dengan ada tidaknya goresan di layar maupun bodi smartphone. Sayang bukan jika yang kamu dapatkan adalah smartphone yang kondisinya sudah kurang baik padahal jika lebih teliti lagi kamu bisa mendapatkan yang 11 12 dengan smartphone baru. 

Cek Nomor IMEI

Biasanya, jika kamu membuka bodi belakang smartphonemu, atau melepas baterai pada smartphonemu, kamu akan mendapati nomor IMEI, sama dengan yang tertera dengan yang ada di box kemasan smartphone. Disini, kamu perlu menelitinya, apakah cocok atau tidak. Jika tidak bisa-bisa smartphone yang akan kamu beli tersebut tidak asli lo. Jadi hati-hati ya

Teliti Kelengkapan Smartphone

Tips lainnya ketika kamu membeli smartphone bekas adalah teliti kelengkapan smartphone. Pada umumnya smartphone akan dilengkapi dengan charger, port USB, dan headset. Nah, disini kamu perlu teliti, apakah smartphone yang akan kamu beli masih memilikinya dengan lengkap. Oya, periksa juga ya, apakah kelengkapan yang ada tersebut memang yang asli dari bawaan smartphone beserta kondisi fisiknya. Jangan-jangan yang kamu terima malah yang bukan berasal dari bawaan smartphonenya, melainkan hanya kelengkapan palsu

Teliti Masa Garansi dan Buku Panduan

Tips membeli smartphone bekas lainnya adalah teliti masa garansi sebelum memutuskan untuk membawa pulang smartphone bekas yang kamu inginkan. Pastikan jika smartphone bekas yang akan kamu beli adalah smartphone yang memang masih memiliki masa garansi. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak kamu inginkan kamu tetap mendapatkan jaminan untuk kondisi smartphone bekas yang sudah kamu beli. Selain itu, perhatikan juga ada atau tidaknya buku panduan dari smartphone kamu, agar jika terjadi sesuatu kamu hanya baca saja buku panduan yang telah ada

Bawa Powerbank untuk Uji Performa

Tips membeli smartphone bekas yang terakhir dari Nona adalah bawa power bank ketka hendak membeli smartphone bekas. Tujuannya adalah untuk melakukan tes pada performa smartphone yang menjadi incaranmu. Kenapa? Karena biasanya smartphone yang akan kamu beli dikondisikan mati, sehingga dengan membawa powerbank kamu bisa mengecek layar smartphone, sound, kamera, bahkan fitur lainnya.

Itulah daftar tips membeli smartphone bekas yang bisa kamu jadikan referensi panduanmu nantinya jika kamu ingin membeli smartphone bekas. Perlu kamu ingat, yang bekas belum tentu kualitasnya tidak akan memuaskanmu lo. Kesemuanya kembali ke kamu, kamu harus teliti dan jeli, dan yang paling penting pintar menawar.

Semoga bermanfaat dan Salam NonaGadget.com!