Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tetap Connect Meski Dalam Keadaan Drive Mode, Aplikasi Drivemode

Seringkali Nona mendapat panggilan masuk, sms, atau chat saat mengendarai kendaraan bermotor, entah isinya biasa atau penting. Hal yang harus kita lakukan tentu saja menepi dari jalan, baru mengecek handphone. Terkadang hal sepele seperti ini banyak diabaikan oleh para pengendara yang malas menepi atau sedang buru-buru, maka dari itu solusinya adalah aplikasi Drivemode yang tersedia untuk Android.

Drivemode adalah aplikasi sederhana yang melakukan satu hal yang sederhana pula yaitu mengontrol navigasi pengendara, audio smartphone, dan kontak tanpa gangguan berkendara dengan perintah suara dan antarmuka yang simple.

Setelah menginstall Drivemode, pengguna diminta untuk mengisi tujuan berkendara favorit (rumah, tempat kerja, sekolah, kampus, dll). Pengguna juga bisa memilih aplikasi audio dan aplikasi navigasi yang sering dipakai.

Setelah itu, Drivemode akan menampilkan screen quick launch dengan pilihan pengaturan sesuai keinginan pengguna. Sebagai contoh, saat nona melakukan perjalanan ke rumah, Nona bisa memilih apakah ingin mendengarkan musik dari aplikasi musik. Dengan menyentuh tombol launch dibawah layar quick launch, Drivemode akan meng-input alamat rumah ke Google Maps, menyetel musik secara acak dari aplikasi musik dan meng-overlay antarmuka Drivemode secara bersamaan.



Saat tidak digunakan, overlay Drivemode akan bersembunyi di pojok kiri layar agar bisa segera digunakan kembali dengan satu kali tap atau swipe. Overlay aplikasi ini sangat simple, terdiri dari empat fungsi berkendara: kontak, music, navigasi, dan pengaturan. Saat meng-swipe layar diantara empat fungsi tersebut, akan ada suara antarmuka yang terdengar saat dipilih. Secara umum, Drivemode menggunakan desain yang sangat minimalis.

Menu pertama dan utama dari Drivemode adalah menu Kontak. Menu ini menampilkan daftar kontak favorit yang bisa diakses dengan swipe saja. Setiap nama kontak akan mengeluarkan suara nama kontak ketika dipilih. Men-tap pada kontak akan memberikan pengguna pilihan shortcut untuk membalas panggilan masuk atau teks yang sudah diketik untuk dikirimkan ke menu SMS atau chat saat kita berkendara.



Meng-swipe dari menu kontak akan mengantarkan pengguna ke menu musik. Di menu music ini, pengguna bisa mengontrol audio smartphone sesuka hati. Swipe secara horizontal akan mengubah lagu ke trek selanjutnya atau sebelumnya; swipe secara vertical, akan mengatur kerasnya volume; sedangkan tap satu kali untuk pause/play. Menu konteks di pojok kiri atas layar akan mengubah aplikasi music yang digunakan, sebagai contoh saat Nona menggunakan Drivemode aplikasi music Joox, Nona tinggal tap menu tersebut untuk mengubahnya ke Google Play Music. Inti dari penggunaannya adalah kemudahan pengguna untuk menjelajahi music dengan antarmuka Drivemode yang sederhana.


Masuk ke menu Navigasi, antarmuka akan kembali ke overlay utama. Menu navigasi ini akan memberikan pengguna daftar shortcut destinasi favorit yang didaftarkan di awal setup. Sama seperti list kontak, masing-masing entry akan mengeluarkan suara saat dipilih dan bisa di tap untuk mengaktifkan navigasi yang dipilih. Drivemode juga dapat mendaftar alamat yang ditautkan dengan event di kalender maupun SMS masuk.


Drivemode saat mudah digunakan saat berkendara, desain simple dan minimalisnya membuat Nona nyaman untuk berkendara tanpa khawatir panggilan yang masuk tidak bisa terjawab karena Nona sedang dijalan. Dengan Drivemode, pengalaman berkendara Nona akan terasa berbeda.