Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Plus Minus Smartphone Garansi Distributor

Kamu pasti pernah mendengar istilah garansi resmi dan garansi distributor. Ya, dua istilah tersebut memang kerap sekali bersinggungan ketika kamu membeli produk seperti smartphone maupun produk-produk lainnya yang berasal dari negara lain. Lalu apa sih beda dari garansi distributor dan garansi resmi?

Karena NonaGadget.com memang mengkhususkan untuk membahas dan mengulas berbagai macam hal mengenai gadget dan segala sesuatu di dalamnya, maka kali ini Nona akan membahas mengenai smartphone garansi distributor dan smartphone garansi resmi, satu-satu mengenai plus minusnya juga. Jadi kamu bisa memiliki pengetahuan yang lengkap untuk bersikap kedepannya.

garansi distributor

Namun, dalam tulisan Nona kali ini, Nona akan membahasnya satu persatu. Tulisan Nona kali ini akan membahas mengenai plus minus garansi distributor. Jika kalian sudah cukup akrab dengan istilah garansi distributor namun belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai garansi distributor itu sendiri pasti kalian mengira bahwa produk smartphone garansi distributor itu identic dengan produk kualitas rendah atau KW, palsu, replikas, rekondisi, bahkan barang-barang dari black market. Namun, kalian tidak boleh asal menjudge seperti itu, karena memang dari cara mendapatkannya saja sama sekali tidak bersinggungan dengan anggapan kebanyakan orang tersebut.

Perlu kamu tahu, bahwa smartphone garansi distributor merupakan smartphone yang oleh distributor didapatkan dari negara lain. Hal ini bisa dimengerti, karena biasanya, smartphone dirilis secara berkala, untuk perilisan pertama di negara tertentu, baru beberapa bulan kemudian masuk di pasaran Indonesia. Hal inilah yang harus kamu tahu, asal muasal adanya istilah smartphone garansi distributor di pasar smartphone Indonesia.

Untuk kelebihannya, tentu juga dimiliki oleh smartphone garansi distributor sekalipun. Berikut ini adalah bagian kelebihan smartphone garansi distributor untuk tulisan Nona mengenai plus minus garansi distributor itu sendiri:

Harga miring yang sangat murah


harga murah

Harga miring tentu identik dengan istilah harga murah. Namun, jika kamu membeli smartphone garansi distributor, kamu akan mendapatkan harga luar biasa murah jika dibandingkan dengan smartphone garansi resmi. Selisih harganya pun cukup jauh, kamu bisa mendapatkan harga dengan selisih hingga 500 ribu. Bahkan untuk merk tertentu kamu bisa lo mendapatkan selisih harga hingga 1 juta rupiah. Lumayan kan jika selisih harganya begitu jauh seperti itu. Apalagi jika kamu adalah pembeli yang memiliki bakat menawar harga dengan baik, bisa-bisa smartphone yang kamu dapatkan memiliki selisih yang lebih jauh lagi

Produk lebih bervariasi

Terkadang, beberapa smartphone merilis ponselnya dikhususkan hanya untuk pasar negara tertentu, dan tidak semua negara kebagian. Dengan membeli smartphoe garansi distributor, kamu bisa mendapatkan produk yang lebih bervariasi. Jadi ketika teman-teman kamu memakai ponsel sama namun dengan model yang itu-itu saja, melalui pembelian dari distributor ini, kamu bisa lo mendapat produk yang berbeda dari teman kamu

Setelah harga dan varian produk yang menang jika kamu membeli smartphone garansi distributor, kamu juga patut memperhatikan hal-hal berikut ini agar kamu tidak kecewa setelah kamu terlalu senang dengan harga yang sangat murah dan produk yang bervariasi tersebut. Berikut ini adalah kelemahan smartphone garansi distributor sebagai bagian dari plus minus garansi distributor yang perlu kamu perhatikan juga:

Klaim Garansi

Jika terjadi sesuatu, maka smartphone garansi distributor tidak dapat diterima di semua tempat, hanya tempat-tempat tertentu seperti toko tempat kamu membeli smartphone garansi distributor tersebut atau di service center distributor, dan jika kamu bersikeras untuk klaim garansi atau servis di service center resmi, maka kamu bisa dikenakan biaya sesuai dengan masalah yang terjadi dengan smartphone kamu tersebut

Waktu Perbaikan

Karena memang tidak semua smartphone garansi resmi juga dipasarkan di Indonesia, maka bisa saja ketika smartphone kamu mengalami sesuatu yang membutuhkan perbaikan, akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari normalnya. Karena memang spare partnya tidak beredar di Indonesia. Negatifnya yang lain, smartphone kamu tersebut bisa juga lo ditolak, kamu nggak mau kan hal tersebut terjadi dengan diri kamu dan smartphonemu?

Hardware dan Software

Kendala lainnya adalah mengenai perangkat hardware maupun software untuk smartphone kamu. Kadang, smartphone kamu tidak menyediakan pengaturan untuk pengguna Indonesia, karena memang aslinya tidak untuk dipasarkan di Indonesia. Jadi, akan rawan sekali kamu mendapatkan smartphone yang pengaturannya tidak mendukung bahasa Indonesia. Akan tetapi hal ini tidak menjadi masalah bagi kamu jika kamu menguasai banyak bahasa, terutama bahasa mandarin dan Inggris.

Hal lainnya adalah hardware yang memang kadang tidak sesuai dengan klasifikasi produk yang dipasarkan di Indonesia. Contohnya adalah colokan charger yang kadang terlihat agak aneh karena memang tidak umum digunakan di Indonesia, namun merupakan hal biasa dinegara asal ponsel ini didapatkan oleh pihak distributor

Dalam hal ini, kamu juga perlu hati-hati untuk teliti memeriksa kesesuaian spesifikasi smartphone garansi distributor dengan spesifikasi smartphone aslinya. Bisa saja software maupun hardware kamu sudah diotak-atik oleh pihak distributor, sehingga ketika sampai ditanganmu, bukan menjadi smartphone sesuai dengan spesifikasi produsen asli lagi.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan smartphone garansi distributor untuk tulisan mengenai plus minus garansi distributor yang tentunya Nona harap bisa kamu jadikan pertimbangan ketika kamu tergiur dengan harga yang murah dan produk yang tidak banyak di pasaran Indonesia. Kuncinya adalah teliti dalam membeli. Sampai ketemu di artikel Nona selanjutnya dan Salam NonaGadget.com!