Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

LG Watch Urbane 2nd Edition - Smartphone atau Arloji?

Di ranah gadget, tab menjadi laptop sudah biasa, tapi jam tangan menjadi smartphone? Baru luar biasa. Gadget dari perpaduan antara jam tangan dan smartphone ini disebut smartwatch. Smartwatch sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru, selain Google dengan Android Wear versi barunya, Samsung sendiri telah memproduksi smartwatch yang dinamakan Gear S2 3G sedangkan Apple memantapkan pasar smartwatch dengan iWatch nya. Android Wear 2.0 memang belum bisa kita nikmati sekarang karena menurut sumber, Google akan merilisnya tahun depan. Namun, fitur Android Wear sudah bisa kita coba lewat fitur indepeden yang dibikin oleh LG pada produk smartwatchnya yaitu LG Watch Urbane 2nd Edition LTE.

LG Watch Urbane 2nd Edition LTE

Disaat memakainya, Nona merasa strap yang ada pada Urbane terlalu tebal dan kaku sehingga sedikit tidak nyaman dipakai dan seringkali meninggalkan bekas. LG Watch Urbane 2nd Edition LTE memiliki dua tombol hardware ekstra yang rupanya juga tidak ada pada smartwatch Android lainnya.

LG Watch Urbane 2nd Edition LTE adalah smartwatch dengan sistem koneksi bluetooth, wi-fi, dan seluler ini bisa disinkronisasi dengan smartphone Nona, terlebih sistem koneksi ini belum ada di Android Wear. Tetapi dari segi sistem operasinya, smartwatch ini memakai software dari Google.

Sebagai arloji, LG Watch Urbane 2nd Edition LTE memiliki bentuk yang lebih besar, lebih tebal, yang otomatis juga lebih berat daripada smartwatch lainnya. Ukuran layar P-OLED sebesar 1,38 inchi full round display dan menampilkan antarmuka yang tajam dalam resolusi 480x480 pixel dan ketebalan dimensinya hingga 348ppi. Dengan tampilan ini, antarmuka akan mudah terlihat meski jika dipakai di luar ruangan akan lebih sulit kelihatan.

LG Watch Urbane 2nd Edition LTE

Fitur seluler pada LG Watch Urbane 2nd Edition LTE ini bekerja dalam skenario ketika smartphone Nona tertinggal di rumah dan kebetulan koneksi nya masih menyambung Wi-Fi. Smartwatch Urbane akan menerima pesan notifikasi, panggilan, sms, chat dan emoji nya, bahkan pesan suara pun bisa diterima. Jika smartphone Nona tidak tersambung internet sama sekali, fungsi Urbane tidak maksimal. Urbane masih bisa mengsinkronisasi data-data pada smartphone Nona tapi hanya sebatas fungsi offline nya seperti timer, alarm, track aktivitas, dll.

Saat memakai sinkronisasi bluetooth dan Wi-Fi, sinkronisasi akan berjalan cepat, namun saat memakai koneksi seluler sinkronisasi berjalan lambat. Aplikasi pada Urbane 2 akan memakan waktu lama untuk me-load data dan menjalankan fitur voice search. Sistem sinkronisasi ini sangat dipengaruhi oleh kecepatan internet penggunanya.

LG Watch Urbane 2nd Edition LTE

Penggunaan baterai akan sangat berpengaruh karena sistem live-synchronization ini. Daya tahan baterai bisa tahan hingga satu hari penuh jika layar terus hidup. LG juga masih membekali fitur power saving mode untuk menghemat daya dan menambah daya tahan baterai hingga lebih lama. Dibandingkan dengan smartwatch lain, LG Watch Urbane 2nd Edition LTE mempunyai daya tahan baterai yang lebih unggul.