Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dell XPS 13, Laptop Windows Terbaik Tahun 2016

Selama ini, Nona mencari-cari Laptop Windows paling bagus semenjak Windows 8 dirilis tiga tahun lalu. Selama itu pula, tidak ada laptop yang cocok dengan demand Nona. Dengan memakai MacBook Air yang dinyana sebagai laptop performa kelas atas, Windows tidak berjalan sempurna dengan memakai laptop Apple karena layout keyboardnya yang berbeda, membuat Nona semakin frustasi. Akhirnya setelah lama mencari, pilihan Nona jatuh pada Dell XPS 13.

Dell XPS 13 hed, laptop, terbaru, windows, terbaik, tahun 2016

Dell sendiri telah lama menyempurnakan XPS 13, termasuk versi rombakan yang diperkenalkan awal tahun ini. Laptop ini lebih kecil daripada MacBook Air berkat layar sebesar 13,3 inchi dan resolusi display 1080p. XPS 13 juga merupakan laptop Windows pertama yang kualitas dan performanya menyamai MacBook Air. Sama seperti model sebelumnya, XPS 13 yang baru memiliki display yang cantik. Trackpad dan keyboard disesuaikan sedemikian rupa sehingga laptop nyaman dibawa kemana-mana.

Salah satu penyempurnaan XPS 13 adalah trackpadnya. Selama ini trackpad Windows terasa tidak nyaman dan ukurannya tidak pas. Untungnya, laptop ini memberikan trackpad dengan ukuran yang sempurna. Dibalut dengan glass pad dengan sentuhan yang halus, Dell benar-benar mengupgrade spesifikasi trackpadnya yang nyaman dipakai di Windows 10. Dengan trackpad ini, kursor akan lebih mudah meluncur mengarungi layar dan jarang sekali kursor akan meloncat-loncat ke tempat yang tidak seharusnya. Kerja Dell sangat bagus dengan menyempurnakan faktor ukuran dan posisi pada laptop ini.

Dell menambah konektor USB Type-C di sisi laptop yang berguna untuk aksesori yang akan muncul secara reguler tahun depan. Konektor ini juga suppoer untuk Thunderbolt 3. Port USB yang dipakai adalah dua port USB 3.0 dan terdapat satu slot kartu SD.

XPS 13 (late 2015) side, laptop, terbaru, windows, terbaik, tahun 2016

Pada mesin pacunya, Dell XPS 13 menambah kemampuan hardwarenya dengan chipset Interl Skylake dan model non-touch menggunakan Core i5 sementara versi touchscreennya menggunakan processor Inter Core i7. Dengan kemampuan hardware ini, dijamin membuka aplikasi seperti Chrome, Microsoft Office, Photoshop dan aplikasi Windows 10 lainnya tidak akan membuat XPS 13 mengalami lagging atau froze yang membuat stress pengguna Windows. Penggunaan chipset Skylake bukan lain adalah karena penghematan daya yang dimaksimalkan. Dengan model 1080p, Dell menjanjikan daya tahan baterai selama 18 jam. 

Lenovo dan Microsoft memang rajanya untuk performa hardware, akan tetapi Dell memantapkan produk XPS 13nya ini untuk kembali ke faktor yang semua laptop butuhkan: Back to Basic. Tidak ada gimmick tambahan yang berarti di XPS 13 seperti keyboard tipis, laptop-tablet, bahkan tidak ada touchscreen. Jika mencari laptop yang cocok dengan Windows, tidak ada pilihan terbaik selain Dell XPS 13. Disamping karena hardwarenya, kombinasi hemat tempat dari display, trackpad, keyboad, dan hampir seluruh build menjadikannya laptop yang mudah dibawa-bawa, mudah dimasukkan kedalam tas, dan nyaman untuk digunakan.

Dell XPS 13, laptop, terbaru, windows, terbaik, tahun 2016
www.theverge.com