Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Cara Mengambil Foto Selfie Tanpa Monopod (Tongsis)

Sudah beberapa dekade ini timeline media sosial Nona dan bahkan seluruh orang di dunia dipenuhi oleh foto-foto selfie teman-teman yang di share di akun mereka. Jika kamu adalah orang yang gemar selfie, menggunakan monopod (biasa disebut tongkat narsis) sudah menjadi hal yang wajib, ditambah dengan gimmick fish eye atau super wide, membuat hasil jepretan selfie semakin gaya. 

selfie, monopod, tongsis, cara


Sayangnya, ada tempat-tempat tertentu yang melarang penggunaan tongkat narsis ini, seperti Disneyland atau taman hiburan lainnya karena mengganggu  keamanan. Bagaimana cara kita untuk mengambil foto selfie yang bagus tanpa bantuan tongkat sakti tersebut? Pasti itu menjadi tantangan, bisa jadi salah satu sebabnya adalah karena tangan kita yang kurang panjang, terkadang juga terasa canggung untuk menekan tombol foto ketika tangan kita terasa kram karena memegang smartphone yang berat tinggi-tinggi. Bagaimana dengan pencahayaan? Akan sulit mengambil foto selfie yang terang dan cerah kecuali kita berada di luar rumah dan saat siang hari.

Isu-isu diatas pasti Nona punya solusinya. Berkat fitur-fitur yang tersedia di smartphone kita, seperti lensa super wide dan LED flash di kamera depan. Bagaimana dengan smartphone yang tidak memiliki fitur tersebut? Tentunya ada beberapa cara untuk menambah kualitas foto selfie yang kamu ambil kendati smartphone tipe dan merk apapun. Inilah tips-tips dari Nona untuk mengambil selfie tanpa monopod.

1. Ambil foto dari atas
Pakailah tanganmu semaksimal mungkin. Saat memegang kamera dibawah tingkat mata, akan riskan mengambil selfie yang bagus karena dagu terlipat. Ingat, dagu adalah musuh selfie nomer 1. Jadi saat mengambil selfie, pastikan kamu memegang smartphone diatas level mata atau diatas kepala menghadap kebawah tepat ke wajah. Dengan begitu, kamu harus mendongak sedikit, hal ini akan mengatasi masalah dagu.

gettyimages-516629609.jpg, selfie, monopod, tongsis, cara
www.cnet.com

2. Menggunakan self-timer
Akan sulit agar tangan kita tetap stabil sambil memegang smartphone ketika tangan kita sudah mencapai batas. Saat ibu jari menyentuh tombol foto, kamera akan bergoyang dan foto yang diambil akan menjadi blur.
Untungnya, hampir semua aplikasi kamera memiliki opsi self-timer, meski membuat tangan kita memegang smartphone lebih lama, resiko foto blur karena goyangan kamera akan teratasi. Hal itu dikarenakan kamera yang diarahkan bisa lebih fokus karena kamu memegang smartphone dengan tangan yang stabil tanpa menggerakkan ibu jari untuk menekan tombol foto secara langsung. Dengan adanya timer, kita juga bisa menentukan pose yang diinginkan sebelum kamera otomatis mengambil foto.

selfie, monopod, tongsis, cara


3. Tempelkan smartphonemu di dinding 
Lupakan tongkat narsis, say hello pada NanoHold. NanoHold didesain untuk menjadi pad yang bisa ditempelkan di bidang apa saja lewat case belakang smartphone kamu. Tempelkan saja di permukaan datar yang cocok untuk menempelkan smartphone kamu. Pakai self-timer untuk mengambil foto, berpose sedikit dan abra kadabra! Foto selfie seperti difotokan orang lain akan muncul di galeri foto kamu. NanoHold memang tidak bisa digunakan untuk ditempelkan di dinding selama ber jam-jam, akan tetapi kekuatan tempel nya cukup untuk mengambil beberapa foto selfie.

selfie, monopod, tongsis, cara

img source:
www.cnet.com
cdn.osxdaily.com
attractionsmagazine.com