Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aplikasi Cleaner atau Booster: Hindari Menginstal Aplikasi Tersebut Pada Androidmu

Zaman sekarang, masih banyak orang yang mengeluh akan lambatnya kinerja HP milik mereka. Mereka tidak sadar bahwa banyak data junk yang tersimpan di HP mereka. Mereka malah mengunggah beberapa aplikasi booster atau cleaner untuk HP mereka. Tapi, apakah kamu tahu bahwa aplikasi tersebut tidak menguntungkan bagi penggunanya. Nah disini Nona akan sedikit bercerita kenapa kita harus menghindari aplikasi tersebut? Apa kerugian memakai aplikasi cleaner atau booster tersebut?

Nah, untuk permulaan, kita harus mengerti dulu mengapa kita tidak perlu menginstal aplikasi tersebut. Pertama, setiap aplikasi pasti membutuhkan RAM, tak terkecuali cleaner atau booster. Aplikasi tersebut tentunya membutuhkan RAM untuk bekerja, dan juga membutuhkan kapasitas yang cukup agar kinerja aplikasi tersebut optimal, namun, apakah ini efektif?, Tentu saja tidak, mengapa? Untuk apa kita mengoptimalkan RAM tapi untuk melakukannya kita membutuhkan RAM juga untuk menjalankannya. Sangat tidak efektif bukan, ketika kita memahami hal itu tentunya kita tidak membutuhkan aplikasi tersebut.

Poin selanjutnya yang harus kita ketahui adalah aplikasi cleaner atau booster mereka bekerja dengan cara menghapus proses dalam memori yang sedang berjalan. Tahukah kamu, jika kamu menghapus proses yang sedang berjalan pada sistem memori, di awal mungkin kamu merasa bahwa HP kamu terasa lebih optimal setelah melakukan penghapusan. Namun, setelah beberapa saat OS pada HP kamu akan menjalankan beberapa proses yang seharusnya tidak dimatikan oleh aplikasi cleaner atau booster tersebut. Alhasil, HP anda akan overload banyak cached yang dijalankan OS untuk dimasukan pada memori HP anda, disini, proses tersebut malah meningkatkan konsumsi baterai HP anda dan juga akan memperlambat kinerja HP anda.

Jika aplikasi tersebut tidak baik, maka apa solusi terbaiknya? Nona akan memberikan sedikit bocoran tentang hal ini:

1. Jangan gunakan aplikasi yang tidak anda butuhkan. Banyak orang yang masih memakai aplikasi yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Disinilah letak human error yang menyebabkan lambatnya HP mereka. Coba pikirkan apa saja aplikasi yang anda butuhkan, dan cukup dengan beberapa aplikasi saja.

2. Install aplikasi yang ringan. Pakailah aplikasi yang hanya membutuhkan sedikit RAM dan juga sedikit dalam menguras baterai anda.

3. Matikan fitur yang tidak kamu butuhkan. Kamu perlu memperhatikan HP yang kamu gunakan, matikan wi-fi, bluetooth dan juga GPS jika tidak kamu gunakan.

4. Hapuslah data cached secara manual. Dengan melakukan ini, maka kamu secara langsung tidak mengganggu kinerja dari sistem, kamu diberi akses hanya mengahapus cached dari beberapa aplikasi yang kamu miliki, dan cara ini sangat efektif dalam mengoptimalkan kinerja HP kamu, meskipun sedikit memakan waktu, tapi ini sangat efektif.

Nah itu tadi ulasan yang dapat Nona sampaikan terkait aplikasi cleaner atau booster untuk HP android. Semoga bermanfaat bagi kamu yang membaca artikel ini, dan juga dapat lebih bijak dalam memilih aplikasi apa saja yang kamu butuhkan untuk HP kamu.