Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Android N Versus iOS 9

Sebentar lagi, nona dapat menikmati Android N dan iOS 9 yang terbaru, tapi tentu dua produk besar ini terus bersaing dalam hal inovasi. Jika teman-teman ingin tau apa aja sih yang bisa dilakukan dua sistem operasi terbaru ini, nona ulas tuntas dibawah ini.

Fitur dari Android N dan iOS 9:
  • Google Assistant: 
Assistant-635x343.png
software yang baru ini mempermudah teman teman untuk menggunakan perintah suara dan dialog yang lebih natural dengan perangkat Android. Aplikasi ini pun lebih akurat daripada Siri milik iPhone.
  • Mode split-screen: 
_88675987_android.jpg
meski kita sudah bisa menggunakan split-screen pada Samsung dan handset LG sebelumnya, split-screen pada Android N bisa digunakan pada tablet dan smartphone. Teman-teman juga bisa menggunakan split-screen di iOS 9 akan tetapi hanya tersedia pada iPad saja.
  • Apps Instan:

 instant-apps.png

Bagi pengguna Android N yang ingin mecoba-coba aplikasi baru sebelum memasangnya, bisa menggunakan Apps Instan yaitu dimana kita bisa mengakses aplikasi yang dimaksud tanpa harus mendownloadnya. Fitur ini sangat berguna bagi teman-teman yang ingin mencoba aplikasi berbayar sebelum meng-installnya. Sementara, belum ada fitur yang mengimbangi di iOS 9
  • Doze on the Go: 

android-m-doze.jpg

Fitur ini adalah fitur penghemat daya untuk Android N. Doze debut pertama kali adalah pada Android Marshmallow dan me-snooze background sehingga background teman-teman akan diam total ketika tidak dipakai. Bedanya, di Android N ini Doze meng-idle background smartphone menjadi tetap berjalan meskipun dibiarkan di kantong. iOS sendiri memiliki fitur low-power mode, akan tetapi kita harus meng-settingnya terlebih dahulu dan tidak se otomatis Doze.
  • Membalas di bar notifikasi: 
Quick-Reply-iOS-8-1024x904.jpg

Pengguna Android N sudah bisa membalas pesan lewat bar notifikasi ketika ada pesan yang masuk tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. iOS sendiri sudah memiliki fitur seperti ini sejak 2 tahun lalu dengan iOS 8.
  • Mengelompokkan Apps di bar Notifikasi: 
u8sAt2Q.png

Notifikasi dari aplikasi yang sama sekarang dikelompokkan menjadi satu di Android N, membuat kita nyaman dan mudah untuk membaca notifikasi yang masuk. Sedangkan iOS sudah membuat fitur yang mirip jika teman teman meng-aktifkannya pada menu Setting.
  • Night Mode: 
nightshiftmodecomparison-800x600.jpg

digunakan untuk meredupkan layar sehingga cahaya yang terpapar ke mata tidak terlalu terang. Fitur ini memenuhi layar dengan tone kuning yang mudah diterima mata, daripada tone biru yang keras. Teman-teman juga bisa mengatur kecerahan dan mengubahnya ke pencahayaan sephia. Apple lah yang memperkenalkan fitur ini pertama kalinya dengan nama Night Shift di iOS 9