Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Haruskah Kamu Membeli HP China?

Saat ini handphone bukanlah barang eksklusif yang hanya bisa dibeli oleh orang yang uang berkecukupan. Hampir semua kalangan menggunakan handphone dalam kesehariannya. Memiliki sebuah handphone merupakan hal wajar dan seringkali kita temui. 

Ditambah lagi sekarang handphone semakin canggih dan banyak vendor pula yang memproduksinya. Banyaknya vendor yang memproduksi handphone membuat harga handphone juga sangat beragam. Dari handphone harga murah sampai dengan mahal semuanya ada. Misalnya saja HP China yang banyak menjual produk handphonenya dengan harga murah, membuat handphone menjadi sangat mudah untuk dijangkau oleh semua kalangan. 

Anda yang mungkin punya budget pas-pasan akan lebih memilih membeli HP China karena harganya murah. Tapi apakah HP China merupakan pilihan yang tepat? Disini Nona telah merangkum kekurangan HP China sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih HP:

kekurangan hp china
Image resources : shortlist.com
1. Tingkat Kerusakan yang Cukup Tinggi
Harga HP China biasanya memang lebih murah daripada produk-produk HP lainnya. Namun bagaimana dengan kualitasnya? Umumnya kualitas yang ada akan sebanding dengan harga jual suatu produk. Tapi bagaimana denga HP China? Apakah kualitasnya buruk? Ya, banyak orang yang telah kecewa saat akhirnya membeli HP China karena HP China punya tingkat kerusakan yang cukup tinggi alias rawan rusak.

Ditambah lagi kekurangan HP China yang rawan rusak tersebut juga tak didukung service center yang mudah untuk ditemukan, malah bisa dikatakan jarang bisa ditemukan. Maka Anda akan dibuat bingung bagaimana mengatasi HP Anda yang sedang rusak. Padahal tak semua toko service bisa menangani permasalahan kerusakan HP China.

Selain punya tingkat kerusakan yang cukup tinggi,  kekurangan HP China lainnya adalah garansi yang diberikan punya masa kadaluarsanya sangatlah cepat berakhir sehingga jika HP Anda rusak dan masa garansinya telah habis, Anda lagi-lagi akan dibuat kebingungan bagaimana cara memperbaikinya. Jangan sampai karena tingkat kerusakannya yang cukup tinggi, ditambah service centernya jarang ditemukan, dan masa garansinya terbatas, HP China yang sudah Anda beli dibiarkan begitu saja tanpa bisa digunakan.

2. Harga Jualnya Sangatlah Murah
Ya, sudah banyak menjadi perbincangan umum kalau harga jual kembalinya HP China akan sangat jatuh dibandingkan harga belinya. Berbeda dengan HP yang berasal dari luar China, umumnya memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh dengan harga belinya jika dijual kembali.

3. Baterai Cepat Panas
Memang tidak semua HP China memiliki baterai yang cepat panas, namun beberapa HP China punya kualitas baterai yang cepat panas bila digunakan. Baterai yang cepat panas tersebut bisa mempercepat kerusakan HP Anda sehingga HP Anda pun akan rawan rusak.

4. Belum Bisa Menikmati Jaringan 4G LTE
Ya, walaupun jaringan internet 4G LTE di Indonesia masih dalam tahap percobaan di beberapa daerah, namun pastilah ke depannya jaringan internet 4G LTE pun akan bisa digunakan oleh hampir semua wilayah Indonesia. Tapi bagaimana dengan HP China? Untuk HP China sayangnya saat ini belum bisa menggunakan jaringan internet 4G LTE. Mengaktikan dukungan 4 LTE tidak semudah seperti mendorong pembaruan perangkat lunak. Perlu adanya izin pemerintah setempat ataupun sertifikasi dari produsen HP. Sayangnya HP China masih perlu berjuang lebih keras lagi untuk memenuhi syarat-syarat tersebut. 

5. Kualitas Kamera yang Buruk 
Banyak iklan-iklan HP China mengatakan bahwa kamera yang dimiliki oleh HP tersebut memiliki kualitas yang sebanding dengan HP lainnya. Namun pada kenyataannya, jika kamera HP China itu dibandingkan kualitasnya dengan kamera HP luar produk China maka bisa dilihat sendiri perbedaan kualitasnya. Hasil jepretan dari HP China yang punya megapiksel sama dengan HP di luar produk China bisa dibilang lebih buruk.

Itulah beberapa kekurangan HP China yang telah Nona rangkum. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat berencana membeli HP. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua HP China memiliki kualitas yang kurang bagus, ada juga HP buatan china yang berkualitas seperti contohnya merk Xiaomi, dan Asus Zenfone. Salam Nona Gadget