Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keuntungan Membeli HP Bekas

Membeli HP adalah sesuatu yang sudah sangat sering kalian lakukan. Namun yang dipertanyakan adalah lebih baik mana, beli HP baru, atau beli HP bekas? Jawaban pertanyaan ini sebenarnya sangat sederhana, ingin HP apa dan punya uang berapa? Melihat banyaknya masyarakat yang masih bingung memilih antara kedua pilihan tersebut, NonaGadget memutuskan untuk membuat postingan sederhana yang membahas tentang beberapa keuntungan membeli HP bekas.

beli hp bekas
Gambar Ilustrasi oleh businessinsider.com

Pengalaman Nona
Di awal tahun 2015 lalu, Nona ingin sekali membeli HP Android terbaru setelah 3 tahun lamanya memilih blackberry sebagai alat komunikasi. Akhirnya Nona pada Februari 2015 lalu membeli HP Samsung Galaxy Note 3 BARU dan resmi di salah satu mall terbesar di Kota Malang. Waktu itu harganya 8,5 juta. Begitu senangnya Nona pegang HP Android, baru dibawa pulang udah gak tidur semaleman nyobain fitur-fitur kerennya. Baru seminggu pegang HP terbaru, Samsung Galaxy Note 4 muncul dengan spesifikasi gaharnya. Hal ini langsung membuat Nona "geram". Pasalnya Nona sengaja menghabiskan uang untuk memiliki HP terbaru masa kini. Dengan munculnya Note 4, Nona sudah tidak memiliki HP terbaru masa kini. Kesimpulannya Nona menghabiskan uang 8 Juta untuk SEMINGGU memiliki HP terbaru masa kini. Miris bukan? Lalu Nona sadar kesalahan Nona ada pada ambisi memiliki HP terbaru yang berlebihan.

Nona ngiler sama Note 4, tapi masih mencoba sabar karena Note 3 Nona masih mulus dan belum menunjukkan adanya sesuatu yang membuat Nona gak suka. Setelah 5 bulan Nona pake Note 3, muncul lagi tipe terbaru yaitu Samsung Note Edge. Munculnya layar curved di Note Edge menjadi tamparan keras bagi Nona. Bulan November 2015 Lalu Nona langsung jual Note 3 Nona untuk membeli Note Edge. Note 3 laku cuma 3,5 juta, harus nambah 5,5 juta lagi untuk mendapatkan Samsung Note Edge BARU yang harganya 9 juta. Akhirnya Nona beli deh Note Edge Baru. Belum genap sebulan pake Note Edge, udah muncul di TV Samsung terbaru Note 5. Nona langsung lemas tak berdaya. Nona cek harganya waktu itu 11 jutaan. Terus Nona tanya ke konter HP bekas, Note Edge ini laku berapa kalo dijual, dia jawab "7 juta mbak, kalo gak lengkap dipotong lagi". Dari pengalaman tersebut Nona menyimpulkan bahwa :
Nona seperti dipermainkan dengan harga Baru sebuah HP, Berganti-ganti HP BARU akan sangat menipiskan isi dompet kalian.
Lalu Nona coba tunggu sampai ada Note 5 bekas. Sebulan kemudian (pertengahan desember 2015) sudah ada kabar dari teman kalo ada Note 5 bekas seharga 8 Juta, lengkap fullset mulus. Lalu Nona tanya lagi Note Edge saya ini berapa kalo dijual, dia jawab "6,5 juta mbak sekarang pasarannya". Disini Nona menemukan sebuah konklusi, jika Nona membeli HP baru Nona harus tambah 4 juta, kalo beli HP bekas dengan tipe yang sama hanya nambah 1,5 juta saja. Pengalaman ini sangat berharga bagi Nona, dan semoga juga bermanfaat bagi para pembaca. Dibawah ini telah Nona rangkum tentang beberapa keuntungan dan alasan membeli HP bekas.

Keuntungan dan Alasan Membeli HP Bekas

  1. HEMAT - Seperti pengalaman Nona diatas, membeli HP bekas akan menjadikan Kamu super Hemat. Sisanya lumayan bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya.
  2. SELALU UPDATE - Dengan membeli HP bekas, Kamu bisa saja menjadi orang yang selalu update pada teknologi masa kini. Karena membeli HP yang paling baru tidak membutuhkan dana yang banyak.
  3. KUALITAS TERJAMIN - Jika Kamu baca pengalaman Nona diatas secara lengkap, si pembeli Note 3 milik Nona akan sangat senang karena kualitas HP tersebut sudah teruji oleh Nona sendiri. Buktinya dalam jangka waktu 5 bulan HP tersebut fungsi masih normal semua dan masih belum pernah mengalami kerusakan apapun.
  4. HARGA STABIL - Presentase penurunan harga HP Baru dan HP Bekas jauh berbeda. Misal Kamu beli HP BARU. Dalam 3 bulan, HP BARU bisa dijual lagi dengan nilai kerugian 50% bahkan lebih. Namun jika Kamu beli HP BEKAS, setelah 3 bulan nilai kerugian jika dijual lagi hanya sekitar 30% saja. 
  5. PRINSIP EKONOMI - Jika Kamu paham dengan prinsip-prinsip ekonomi masa kini, membeli HP bekas akan cocok dengan teori-teori yang ada di dalamnya.
Itulah beberapa keuntungan dan alasan membeli HP Bekas daripada HP Baru. Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang masih bingung mau pilih yang mana. Ingat! Artikel ini sama sekali tidak berfungsi jika Kamu adalah seorang yang sangat Kaya / Milyarder. Hehehe Salam hangat dari NonaGadget.