Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Perkembangan Gadget dari Masa ke Masa

Di jaman yang serba instan ini manusia tidak lepas dari yang namanya gadget. Hampir semua orang di dunia memegang alat canggih ini. Mulai dari yang perempuan, laki-laki, orang tua, orang dewasa, hingga anak-anak yang belum saatnya memegang gadget, saat ini mulai mempunyai. Alat ini membuat semua pekerjaan manusia yang tadinya susah menjadi lebih mudah.

Perlu diketahui perkembangan gadget dari masa ke masa dimulai dari perangkat yang bernama HP (Handphone). HP perkembangan dari pesawat elektronik telephone. Bedanya, telephone masih menggunakan kabel untuk berkomukasi sementara HP tanpa perlu menggunakan kabel dan bersifat portable ( praktis bisa dibawa kemana-mana). Di indonesia, jaringan HP nirkabel ada dua jenis yaitu GSM (Global System for Mobile Telecommunications) seperti : Telkomsel, Indosat, XL axiata. dan CDMA (Code Division Multiple Access) seperti: Smartfren, Esia, Flexi dan lain sebagainya. Kedua jaringan nirkabel ini masih dipakai di Indonesia.

Di negeri Paman Sam Amerika HP pertama kali digunakan. Saat itu sekitar tahun 1947 alat canggih ini mulai di komersilkan dan menyebar keseluruh penjuru dunia. Banyak perusahaan besar yang memproduksi HP mulai dari Nokia, Motorola, Siemens, dan Sony Ericsson. Tiba di suatu masa di Indonesia, produk perusahaan hp Nokia sangat laris terjual karena produknya memang terbaik dari yang lain.

Teknologi dari tahun ke tahun memang berkembang pesat seperti halnya alat elektronik HP ini. HP berkembang dari genereasi ke-0 hingga generasi ke-4. Berikut ulasan lengkap dari nonagadget.com

Generasi ke-0 (0G)
perkembangan hp, sejarah hp, perkembangan gadget, asal usul hp, sejarah perkembangan smartphone


Berawal dari pesawat radio HT (handy talky) HT dapat berkomunikasi karena terdapat pemancar dan penerima pada masing-masing perangkat. Alat ini biasa digunakan saat berperang dan alat ini pun digunakan saat perang dunia ke-2

Generasi ke-1 (1G)
perkembangan hp, sejarah hp, perkembangan gadget, asal usul hp, sejarah perkembangan smartphone
Pada generasi ke-1 mulailah menuju ke masa kini. Alat ini mengubah layaknya jaman monocrhome ke jaman berwarna. Telpon Seluler namanya. Telpon seluler mempunyai berat 800 gram dan memiliki antena dan memiliki safat analog yang berjalan di frequensi sekitar  825Mhz s/d 894Mhz. Memiliki kesamaan memiliki tombol angka dan portable namun masih memiliki kelemahan yaitu terlalu berat dan jangkauan tidak terlalu luas sehingga pengguna terbatas.

Generasi ke-2 (2G)
perkembangan hp, sejarah hp, perkembangan gadget, asal usul hp, sejarah perkembangan smartphone
Dari sinyal analog, munculah sinyal digital pada tahun 1990. terdapat dua jaringan nirkabel yaitu GSM di Eropa dan CDMA di Amerika. Telpon seluler pada generasi ke-2 ini sangat diunggulkan pada masa itu karena memiliki fitur yang canggih diantaranya, pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS (short message service). Selain itu, bentuk telpon seluler generasi ke-2 ini memiliki ukuran yang kecil dan ringan karena menggunakan teknologi chip digital dan memiliki sinyal radio yang sangat rendah sehingga lebih meminimalisir adanya radiasi yang membahayakan kesehatan pengguna.

Generasi ke-3 (3G)
perkembangan hp, sejarah hp, perkembangan gadget, asal usul hp, sejarah perkembangan smartphone
Internet mulai berada di genggaman pada generasi ke-3 ini. Memiliki jangkauan yang luas hingga penjuru dunia dan dapat berkomunikasi menggunakan video call karena sudah dilengkapi dengan adanya kamera. Di generasi ke -3 ini lebih menjuru ke multimedia. Ada musik yang berformat mp3, gambar, dan video juga. Yang lebih unggul memiliki 3 standar untuk duia telekomunikasi yaitu EDGE, WCDMA, dan 3G. HP dimasa ini sangat mahal karena fiturnya lengkap dan pada jaringan 3G masih belum luas dikarenakan teknologi ini masi baru.

Generasi ke-4
perkembangan hp, sejarah hp, perkembangan gadget, asal usul hp, sejarah perkembangan smartphone
HP pada masa generasi ke-4 (sekarang) lebih dikenal dengan sebutan smartphone. Sangat dekat dengan manusia. Hampir sebagian pekerjaan manusia dibantu oleh smartphone ini. Alat canggih ini mengintegrasikan teknologi wireless yang sudah ada seperti bluetooth, tething dan lain-lain sehingga user dapat bekerja dimanapun dan kapanpun. Jaringan pada smartphone ini sudah 4G. Memberikan penggunanya kecepatan tinggi, suara yang tinggi dan jernih, jangkauan luas, kualitas baik. Smartphone ini sudah berbasis super multi media karena dilengkapi dengan fitur game online yang mempunyai visualitas yang tinggi.

Itulah ulasan tentang perkembangan gadget dari masa ke masa. Perusahaan smartphone sekarang sangat banyak dan mulai bersaing mulai dari produk hingga pasar. Setiap perusahaan memiliki kriteria dan bahkan mempunyai sistem operasi yang berbeda seperti Android yang sekarang lagi naik daun karena unggul dengan Game Android yang memanjakan user. Namun penggunaan smartphone berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan masing-masing. (RED Uyum)

2 komentar untuk "Sejarah Perkembangan Gadget dari Masa ke Masa"

  1. Terlihat sangat signifikan perbedaan dari gadget generasi awal hingga generasi saat ini yaitu smartphone, tentu fungsionalitasnya sangatlah terlihat jelas.
    Anda dapat mengunjungi artikel menarik lainnya di http://pena.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus