Kacamata Kardus Teknologi Baru Dari Google

aplikasi virturl realityBerbeda dengan facebook yang mempunyai teknologi canggih bernama oculus, kali ini Google sang master mesin pencari menghadirkan teknologi sederhana yang bernama Google Cardboard. Alat ini membuat pengguna menjadi heran. Kenapa?, kardus yang selama ini menjadi bahan untuk membungkus kado, alat elektronik, dan kue ini disulap menjadi sebuah alat yang membuat user terpana. Alatnya pun tidak tanggung - tanggung, Google merubah kardus ini menjadi sebuah alat yang hampir menyamai teknologi baru dari Facebook yang bernama oculus. Anehnya lagi jika oculus mempunyai harga yang mahal, yang ini hanya berharga ± 15 Dollar AS atau sekitar Rp. 200.000, murah banget kan?. Harga segitu untuk alat yang canggih ini sangat amat murah. Di dalam Google Cardboard terdapat beberapa komponen yang mendukung kinerja diantaranya dua lensa dan dan juga magnet. 

oculus murah dari googleBagaimana cara kerjanya?. Bagi Anda yang mempunyai Smartphone yang berbasis Android wajib mempunyai alat ini karena hanya dengan 1 unit smartphone dan 1 Google Cardboad, Anda sudah bisa menjalankannya. Alat ini bekerja bersamaan dan akan menjadi sebuah teknologi virtual reality berbudget minim dan menyajikan sebuah visualisasi 3D layaknya oculus. Jika layar smartphone dihadapkan ke cardboard dan posisi camera berada didepan, lalu user melihat dari belakang seperti tropong, maka sang user akan merasa seperti berada di dunia lain tanpa adanya sentuhan hanya mengangguk-anggukan atau menggeleng-gelengkan kepala, gambar didepan mata akan bergerak seolah seperti nyata. Lalu siapa pencetus pertama Google cardboard dan smartphone apa saja yang support untuk cardboard ini ?. Berikut ulasannya

aplikasi android untuk cardboard

Proyek Google Cardboard dimulai.
Dua orang berotak cerdas bernama David Cos bersama Damien Henry di Google Cultural Institute menciptakan sebuah kotak cardboard khusus smartphone sebagai prototipe untuk Virtual Reality. Alhasil, banyak dari semua orang yang mengatakan" amazing" dan alat itupun menjadi inspirasi mereka untuk mengenalkannya ke publik.

Apakah handphone saya bisa digunakan cardboard?
Cardboar bisa digunakan semua kalangan smartphone termasuk iphone. Untuk pengguna Android hanya bisa berjalan pada os Jelly Bean (4.1) keatas dan mempunyai display 4.5" s/d 6". Jika dibawah dari 4.5" seperti iphone 5 dengan layar 4" juga bisa. Namun, field of view-nya terbatas. Selain itu, yang paling utama adalah memiliki fitur sensor Accelorometer dan Gyroscope. Untuk mengecek apakah hp Anda memiliki fitur tersebut, Anda bisa download app photosphere di playstore secara gratis. Jika handphone Anda lulus pada test photosphere maka bisa untuk diaplikasikan menggunakan cardboard.

Magnet pada sisi cardboard berfungsi untuk apa?
Magnet berfungsi untuk "klik" atau "menembak" dalam aplikasi VR. sebagian smartphone berfungsi untuk mendeteksi adanya medan magnet dan sebagian juga tidak. Namun jangan kuatir karena meskipun hp Anda tidak bisa mendeteksi medan magnet, Anda masih bisa merasakan pengalaman virtual reality.

Apa guna lensa?
google cardboard

Karena jarak mata dengan smartphone sangat dekat maka perlu adanya lensa biconvex 25mm dan focal 45mm lalu kedua lensa tersebut akan memfokuskan pandangan user. Jika kepala kita menoleh atau mengangguk maka lensa akan membantu menyesuaikan tampilan. seolah kita berada di dalam aplikasi virtual reality tersebut.

Pada dasarnya cardboard ini tidak sesempurna oculus yang menghadirkan dan membenamkan penggunanya ke dalam virtual reality. Namun hampir semua pengguna Google cardboard berkata "amazing" dan "wonderfull" bahkan mereka menjerit-jerit saat memainkan Alat sederhana ini

Belum ada Komentar untuk "Kacamata Kardus Teknologi Baru Dari Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel